ramos "knowledge" siahaan

ramos' knowledge

Hubungan Knowledge Management dan Kinerja SDM

Oleh : Ramos Luther Siahaan

Knowledge Management (KM) adalah sebuah konsep yang relatif baru yang bergerak di atas infrastruktur teknologi informasi (Internet & Intranet) yang ada. Dalam konsep baru – knowledge management – sebuah institusi secara sadar dan komprehensive akan mengumpulkan, mengorganize, men-share, dan menganalisa pengetahuan yang mereka miliki untuk tujuan-tujuan di masa mendatang. Knowledge management di fokuskan untuk menjadi seseorang / sebuah institusi agar menang dalam kompetisinya karena memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada kompetitor-nya. Isu utama di knowledge management adalah competitiveness. Competitiveness tersebut di peroleh dengan cara mengelola pengetahuan yang kita miliki dengan baik dan effisien.
Banyak organisasi tidak konsisten dalam pendekatannya kepada KM,hal ini terjadi karena banyak dipengaruhi dan didominasi oleh teknologi informasi.KM mendukung kinerja inovasi pendekatan jika simultan dari R&D yang lembut dan keras praktik-praktik TI diimplementasikan secara bersama-sama secara sinergi.KM berkembang menjadi bidang kajian tersendiri dalam studi organisasi dan berperan signifikan dalam membangun keunggulan kompetitif.KM memberi perhatian pada formalisasi kepada pengalaman,pengetahuan,dan keahlian guna menciptakan kemampuan baru,mendukung kinerja unggul,mendorong inovasi,dan meningkatkan nilai pelanggan.Dari berbagai pendekatan KM menunjukan adanya perluasan belajar dari organisasi bisnis dan sistem informasi dan dua pendekatan ini dipengaruhi oleh paradigma TI dan paradigma humanis.
Pengetahuan memiliki arti labih luas dibanding teknologi dimana teknologi merupakan salah satu jenis pengetahuan.Sebagian besar inovasi dewasa ini lebih merupakan sintesa dari badan pengetahuan yang ada dari pada terobosan teknologi.Karena itu dalam literatur tentang penggunaan inovasi lebih dominan dibanding pengetahuan teknologi.Inovasi berkaitan dengan pengetahuan yang dapat digunakan untuk menciptakan produk atau proses dan layanan baru guna meningkatkan keunggulan kompetitif pelanggan dan memenuhi kebutuhan yang selalu berubah.Dalam format ideal inovasi memiliki kapasitas meningkatkan kinerja,menyelesaikan persoalan menambah nilai.Hubungan antara inovasi,teknologi informasi,kinerja inovasi mamiliki hubungan non linear dengan kinerja perusahaan.

Advertisements

January 13, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: